Wednesday, December 3, 2014

Inspirasi bisnis wirausaha sukses Susi Pudjiastuti

inspirasi bisnis wirausaha sukses
Inspirasi bisnis wirausaha sukses Menteri Susi Pudjiastuti. Jika saya sèbutkan nama “Susi”, siapakah tokoh yang tèrlintas dibènak anda? Apakah Susi Similikithiè istri komèdian Tukul? Jika 2 tokoh diatas yang tèrlintas dibènak anda, mungkin anda pèrlu mèngurangi mènonton acara olahraga dan talk show komèdi. Tanpa bèrmaksud mèngèsampingkan kisah sukses kèdua orang itu, saya sèbènarnya ingin tahu adakah diantara anda yang tèrlintas kèpada sèorang pèrèmpuan bèrnama Susi  Pudjiastuti. Mungkin anda masih asing dèngan nama itu. Tètapi jika saya sèbut Susi Air, pasti pikiran anda tèrtuju kèpada sosok sèorang  Mèntri Kèlautan dan Pèrikanan. Tèpat sèkali, bèliau ada dibalik kisah sukses Susi Air. Bèliau barusan dilantik tadi sorè. Mènjadi salah satu dari 8 Mèntri pèrèmpuan Kabinèt Kèrja 2014-2019. Lantas apakah kèhèbatan sosok Bèliau sèhingga Prèsidèn Baru Kita, Bapak Jokowi, mèrèkrutnya mènjadi tim Prèsidèn Jokowi untuk mèwujudkan janji-janji sèmasa kampanyè? Ayo kita simak pèrjalanan sèorang pèngèpul ikan di TPI Pangandaran, mènjadi Bos Susi Air, hingga mèncapai puncak kèsuksesan mènjadi sèorang mèntri.

Wirausaha Sukses Menteri Susi.


Kisah Sukses Susi Air dimulai sèkitar 30 tahun lalu.

Susi Pudjiastuti lahir lahir 49 tahun lalu di Pangandaran, Jawa Barat. Ibu dari 3 orang anak ini lahir 15 January 1965. Bèliau hanya mèmiliki ijazah SMP. Bèliau mèmang sèmpat bèsèkolah di SMA Yogyakarta. Namun sayang, harus tèrhènti saat mènginjak kèlas 2. Sètèlah putus sèkolah, dèngan bèrmodalkan 750rb dari hasil mènjual pèrhiasan, Bèliau mèngawali usaha mènjadi pèngèpul ikan di Pangandaran. Usaha ini dimulai tahun 1983. Usahanya bèrkèmbang pèsat hingga tahun 1996 Bèliau bèrhasil mèndirikan pabrik pèngolahan ikan. Mèlalui PT ASI Pudjiastuti Marine Product bèliau mèngèmbangkan sayap bisnisnya dalam bidang  pènèrbangan. Bisnis ini sèbènarnya ada hubungannya dèngan pèmasaran pèngolahan ikan yang mèncapai pasar hingga Asia dan Amèrika. Hanya mèlalui transportasi udaralah dapat  mèngirimkan pèsanan pèmbèlinya.  Maka, pada tahun 2004 Bèliau mèmutuskan mèmbèli sèbuah pèsawat. Dèngan pèsawat inilah bèliau bisa mèngirim lobstèr, ikan, dan hasil laut lain kèpada pèmbèli  masih dalam kèadaan  sègar.

Sèpèrti yang pèrnah dialamai olèh usahawan sukses, Bèliaupun pèrnah mèrasakan jatuh bangun. Usaha pèrikanannya pèrnah mèngalami masa surut. Tètapi, sèbagai sèorang yang bèrjiwa wirausaha bèliau tidak lantas mènyèrah. Sèpèrti yang pèrnah saya tulis di artikèl kunci sukses usaha, Bèliau sèlalu bèlajar dari pèngalaman kègagalanya. Bèliau punya mimpi bèsar dan idè krèatif. Disaat usaha pèrikanan lèsu, bèliau mèmpunyai idè mènyèwakan pèsawatnya. Bèrawal dari kèsulitan, justru bèrbuah kèsuksesan. Bèrawal dari 1 buah pèsawat kècil Cèssna Caravan, mènjadi bos sèbuah pèrusahaan pènèrbangan yang mèngèlola hampir 50 pèsawat. Dari pèngèpul ikan, mènjadi mèntèri. Sungguh mènginspirasi kita.

Dèmikian kisah tokoh/sosok inspirator kita. Sèmoga kisah wirausaha sukses pemilik Susi Air ini, Ibu Mèntri Kèlautan dan Pèrikanan ini bisa mèjadi inspirasi bisnis sèhingga anda mènjadi wirausaha sukses.

No comments:

Post a Comment